Kamis, 03 Desember 2015

Cara Menjaga Lingkungan Agar Tetap Sehat dan Bersih


Lingkungan merupakan tempat tinggal dimana kita berada. Peranan lingkungan sangat besar dalam kehidupan sehari-hari kita semuanya. Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat merupakan tugas setiap individu yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut. Namun sayangnya, banyak orang yang belum sadar untuk menjaga lingkungan sekitar. Yang mereka lakukan kebanyakan adalah tinggal dan merusak lingkungan. Sebagai warga negara yang baik, seharusnya kita dapat menjaga lingkungan agar tetap sehat dan juga aman.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIi-tiqDA95iTELYl6X0Om2CTqem8iHsIKWnbmHaqWt2Eo1X6VgKnUS6ZfqIbVV4M1mM61heP_w7d_IXcD9Ptt-BIQsDbBjIt3IdYpAOMpsPBAwHYOeKcsDUL4E4FQnuEJS6k0QrBo2VM/s1600/Cara+Menjaga+Lingkungan_5.jpg

Cara menjaga lingkungan sudah diatur oleh pemerintah dalam undang undang maupun peraturan pemerintah. Undang-undang yang menyebutkan tentang menjaga lingkungan adalah:

1. UU Nomor 4 Tahun 1982 mengenai Ketentuan- Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

2. Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 148/11/SK/4/1985 tentang Pengamanan Bahan
Beracun dan Berbahaya di Perusahaan Industri.
3. Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986 mengenai  Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.
4. Pembentukan Badan Pengendalian Lingkungan Hidup pada tahun 1991
Nah, dengan adanya peraturan ini sebaiknya kita sebagai masyarakat harus tahu bagaimana untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih. Berikut akan dijelaskan mengenai cara untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan aman. Cara ini dapat kita semua praktekkan dengan mudah di rumah maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal kita semua. Adapun cara menjaga lingkungan ini adalah:
1. Tanah merupakan salah satu dari lingkungan yang harus dijaga karena peranan tanah sangatlah banyak. Untuk menjaga kelestarian tanah Anda harus mengolah tanah dengan baik. Untuk mengolah tanah dengan baik Anda harus melakukannya sesuai dengan kondisi tanah di daerah Anda. Pengolahan tanah juga harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tanah. Lakukan pembuatan irigasi ataupun dranaise agar tidak ada air yang tergenang.
2. Selain mengolah tanah dengan baik, Anda juga harus mengolah limbah dengan baik pula. Limbah merupakan sisa dari kotoran yang kita buang setiap hari. Banyaknya limbah yang ada di sekitar kita akan membuat lingkungan kotor dan tercemar. Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, Anda harus melakukan daur ulang limbah serta membuang limbah sesuai dengan jenisnya. Dengan begitu lingkungan akan tetap sehat dan juga bersih.
3. Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan tebang pilih dan reboisasi. Reboisasi ini dapat Anda lakukan dengan mananam pohon di sekitar lingkungan. Selain itu, gunakan barang-barang yang ramah lingkungan.
4. Anda juga perlu melakukan pengawasan terdapat perusahaan yang melakukan eksploitasi hutan, laporkan kepada pihak yang berwajib jika terdapat eksploitasi hutan besar-besaran.
Menjaga lingkungan harus dimulai diri kita sendiri. Jangan memerintahkan orang lain untuk menjaga lingkungan jika Anda belum dapat menjaga lingkungan sekitar Anda. Lebih baik menjadi contoh dan panutan orang lain untuk menjaga lingkungan. Bagi Anda kaum terpelajar, marilah tumbuhkan kemampuan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara yang baik dan juga benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar