Minggu, 13 Desember 2015

pengertian seni rupa

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seperti yang disinggung di atas, bahwa setiap benda yang diciptakan merupakan hasil karya seni, maka pengertian dari seni rupa terapan yaitu benda hasil karya seni rupa yang dapat digunakan dalam keseharian kita, memiliki fungsi dan kegunaan tertentu, dan tentunya memiliki nilai seni. Seni rupa terapan ada yang berupa seni rupa 2 dimensi dan ada pula berupa seni rupa 3 dimensi.
Fungsi dari karya seni rupa ada dua yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis. Fungsi estetis yaitu fungsi yang ditujukan hanya untuk keindahan atau hiasan. Misal vas bunga, guci, batik untuk hiasan dinding dan semacamnya. Dan fungsi praktis yaitu karya seni yang memiliki tujuan utama untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Misal lemari, kursi, meja, dan lainnya.
Sejarah seni rupa terapan di negeri ini sudah ada sejak nenek moyang dulu. Pada zaman kerajaan, seni rupa terapan berkembang sangat pesat. Terlebih ketika teknik peleburan logam sudah ditemukan. Banyak sekali peninggalan sejarah yang termasuk karya seni rupa terapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar